Senin, 06 Februari 2012

Hardware dan Software untuk Akses Internet

Agar dapat terhubung dengan internet komputer membutuhkan berbagai macam persyaratan agar dapat terhubung dengan internet, seperti, komputer membutuhkan sebuah hardware khusus atau software khusus agar dapar terhubung ke internet. Berbagai persyaratan tersebut antara lain adalah:



1. Hardware(perangkat keras)
Sebuah komputer membutuhkan sebuah perangkat keras untuk dapat terhubung dengan internet. Perangkat tersebut dapat berupa hardware internal dan eksternal. Contoh hardware tersebut antara lain:

1.1 Modem
Modem(Modulator demodulator) merupakan alat yang mehubungkan komputer anda dengan internet dan saluran telepon. Fungsi modem adalah mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog(sinyal suara) dan mengubah kembali sinyal analog(sinyal suara) menjadi sinyal digital. Ada dua jenis modem yang terdapat di pasaran: modem internal dan eksternal. Modem internal adalah modem yang di pasang langsung di mainboard komputer sedangkan modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan komputer.

 
1.2 Line Telepon
Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet karena jaringan telepon dapat di gunakan untuk meneruskan sinyal dari modem. Line telepon dapat di gunakan untuk mengakses internet jika kita memiliki sebuah komputer, modem dan tentu saja line telepon dan kita harus mendaftar pada sebuah perusahaan Internet Service Provider(ISP) atau perusahaan penyedia jasa layanan internet serta menginstal pengakat lunak(sofware) yang di perlukan.

2. Software(perangkat lunak)

Setelah anda menyiapkan perangkat keras untuk koneksi ke internet, selanjutnya anda siapkan perangkat lunak(software) untuk mendukung aplikasi-aplikasi yang ada di internet. Aplikasi yang anda butuhkan berbeda-beda jenisnya, sesuai dengan kegunaan dari masing-masing aplikasi tersebut. Contoh, untuk menjelajahi internet anda membutuhkan perangkat lunak browser, untuk keperluan chatting anda membutuhkan/harus menginstal perangkat lunak/aplikasi untuk chatting seperti Mirc. Browser, dll. Berikut ini saya akan memberikan beberapa perangkat lunak untuk mengoperasikan aplikasi internet:
a. Microsoft Internet Explore dan netscafe navigator adalah perangkat lunak browser yang di gunakan untuk mengakses web atau WWW.
b. Cute FTP, Go!Zilla dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan FTP.
c. Mirc, Yahoo Messenger atau ICQ adalah program untuk menjalankan chatting.
d. Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review